Güzelyurt, Tempat “Indah” Yang “Terabaikan” Di Cappadocia

Pemandangan Güzelyurt, alias mini Cappadocia, merupakan 'Sebuah Kota Bawah Tanah' yang di tangkap dari sudut kamera Observasi Pengunjung. (Foto oleh Argun Konuk)

Pada hari terakhir kami di provinsi Anatolia tengah (Aksaray), kami berkesempatan mengunjungi kota bersejarah yang, mungkin, situs yang paling ‘kurang dihargai’ karena jarang dikunjungi di wilayah tersebut.

BERITATURKI.COM, Aksaray– Tidak diragukan lagi, Ürgüp dan Göreme adalah area yang paling banyak dikunjungi di Cappadocia. Setiap tahun, mereka menarik jutaan pengunjung dari berbagai belahan dunia. Dengan sejarah menarik dan lanskap unik mereka, mereka adalah salah satu tempat wisata kebanggaan Turki dan tidak dapat disangkal sebagai tempat liburan paling berkesan di bagian dunia ini.

Jika kita pergi sedikit ke barat dari Ürgüp dan Göreme, kota Güzelyurt sama-sama menakjubkan dengan kota bawah tanahnya, sekitar 30 gereja batu dan situs kuno lainnya. Sayangnya, komunitas kecil ini tidak memiliki turis sebagai perbandingan, dan oleh karena itu tidak menerima perhatian yang layak diterimanya.

Tapi, apa yang harus ditunjukkan kota kecil ini? Kemana Anda harus pergi di Güzelyurt? Tanpa basa-basi lagi, ayo kita mulai tur kita.

Gambaran singkat

A baby donkey walking among old houses. (Photo by Argun Konuk)
Seekor bayi keledai berjalan di antara rumah-rumah tua. (Foto oleh Argun Konuk)

Dengan populasi sekitar 12.500 orang, Güzelyurt adalah daerah pedesaan kecil yang terletak di tenggara Aksaray. Karena lanskap dan situs bersejarahnya, Güzelyurt juga dapat dilihat sebagai Cappadocia mini.

Nama kota, Güzelyurt, berarti “negara yang indah” dalam bahasa Inggris. Mempertimbangkan kemegahan alamnya, pemandangannya yang unik, dan tempat-tempat bersejarah yang berlimpah, cukup akurat untuk mengatakan bahwa Güzelyurt melakukan segalanya untuk memenuhi namanya. Bahkan di luar situs kunonya, ada ratusan tempat tinggal sepi dari era Ottoman dan Yunani yang tersebar di jalan-jalan kota. Jika Anda menghapus mobil, Anda akan merasa seperti telah diteleportasi ke masa lalu.

Kota ini memiliki empat tempat utama untuk dikunjungi: Lembah Biara, Gereja Merah, Gereja Tinggi, dan Kota Bawah Tanah Gaziemir.

Lembah Biara

A view of Monastery Valley from one of the many rock dwellings in Güzelyurt, Aksaray, central Turkey. (Photo by Argun Konuk)
Pemandangan Lembah Biara dari salah satu dari banyak tempat tinggal batu di Güzelyurt, Aksaray, Turki tengah. (Foto oleh Argun Konuk)

Lembah Biara adalah lembah terbesar kedua di Cappadocia yang dihuni oleh orang Kristen awal. “Little Ihlara,” sebagaimana yang dikenal secara informal, adalah keajaiban alam sepanjang 5 kilometer (3,1 mil) di mana Anda akan menemukan 28 gereja yang dipahat batu, hanya enam yang dapat dikunjungi, dan dua kota bawah tanah.

Sejarah Lembah Biara hampir sama dengan Lembah Ihlara. Umat Kristen masa awal yang melarikan diri dari penganiayaan Romawi yang kejam menetap di sini pada abad kedua dan hidup diam-diam selama ratusan tahun. Karena letaknya yang terpencil dan penampilannya yang terisolasi, orang-orang Kristen dapat menjalankan agama mereka dengan bebas.

Akibat pandemi tersebut, jumlah pengunjung menurun drastis dan sebagian besar hotel di sini saat ini tutup. Jadi ketika kami tiba sekitar jam 1 siang, petugas keamanan memberi tahu kami bahwa kami adalah pengunjung pertama hari itu. Bagi saya, itu luar biasa karena saya memiliki kesempatan untuk menjelajahi seluruh lembah untuk diri saya sendiri, bersama teman-teman lainnya. Tetapi mengingat pandemi yang sedang berlangsung, pemikiran tentang pendapatan pariwisata Turki yang menurun membuat kami juga ikut merasa sedih.

Dalam satu artikel, tidak mungkin untuk menuliskan semua atraksi di Güzelyurt tetapi di sini kami ingin membagikan beberapa tempat penting yang tidak boleh Anda lewatkan.

• Kota Bawah Tanah

Pemberhentian pertama kami adalah dua kota bawah tanah yang terletak di pintu masuk lembah. Pencahayaan di bagian pertama sebagian rusak. Meskipun kami mencoba menjelajah lebih jauh ke terowongan gelap dengan senter ponsel kami masing-masing, saat saya melihat keluarga kelelawar lucu tidur di langit-langit, kami sepakat untuk tidak mengganggu mereka dengan melangkah lebih jauh dan malah menuju ke kota bawah tanah kedua.

Kota kedua beberapa kali lebih besar dari yang pertama. Dibandingkan dengan yang lainnya yaitu dikenal dengan underground cities in Cappadocia, cara menghubungkan lantai di ruang ini sangat berbeda. Alih-alih terowongan horizontal, orang Yunani kuno yang membangun terowongan ini memilih ruang vertikal untuk menghubungkan lantainya. Saat kami berjalan-jalan di kota untuk beberapa saat, saya berhenti sejenak, dan menutup mata dan berpikir, “Seperti itulah perasaan Indiana Jones selama petualangannya!” Pada akhirnya, saya dan teman-teman telah berada dalam kompleks kota bawah tanah yang luas untuk diri saya sendiri, bahkan bagi 4 orang kawan saya lainnya. Sehingga kami dapat dengan nyaman berjalan-jalan dan menjelajahi seluruh peninggalan arsitektur Yunani kuno yang canggih itu.

• Masjid Gereja

Sedikit lebih jauh dari kota bawah tanah, Anda akan melihat Masjid Gereja. Kompleks keagamaan ini dibangun pada abad keempat tetapi setelah Turki mulai menguasai daerah itu, itu diubah menjadi masjid.

Saya menemukan ini sebagai struktur yang sangat mengesankan, karena meskipun berusia 1.600 tahun, gereja terlihat seperti baru saja dibangun.

Di halamannya, Anda akan menemukan air mancur suci bawah tanah yang telah digunakan sebagai mata air suci selama bertahun-tahun. Ketika saya menuruni tangga, saya tidak bisa mempercayai mata saya. Airnya sangat jernih bahkan setelah ratusan tahun. Itu juga naik sampai ke tangga karena hujan. Jika saya tidak berhati-hati, saya akan melangkah ke dalam air saat saya menuruni air mancur. Sementara kawan-kawan saya yang lainnya berhamburan di belakang saya yang langsung melompat melihat saya telah berada setengah kaki didalam airnya yang dingin.

• Gereja Sivişli

Saat kami berjalan ke Dek Observasi Güzelyurt, di mana Anda dapat melihat pemandangan kota yang paling indah, saya bersama teman-teman berlari ke Gereja Sivişli, diukir di bukit. Dulu, tempat ini dikenal sebagai tuan rumah festival keagamaan tahunan pada hari pertama setiap November. Seperti yang dikemukakan oleh catatan sejarah, orang sakit dan biksu akan terjaga sampai sinar matahari pertama mulai muncul di cakrawala, dan terus-menerus melakukan praktik keagamaan. Mereka percaya bahwa dengan melakukan praktik ini, orang yang sakit akan sembuh.

• Gereja Kömürlü

Gereja Kömürlü terletak di ujung jalur Lembah Biara bagi wisatawan. Karena tidak ada prasasti yang ditemukan, tidak diketahui kapan tepatnya gereja berlantai dua ini dibangun tetapi diperkirakan dibangun antara abad kesembilan dan ke-10.

Pergi ke gereja agak membosankan. Kecuali Anda memiliki kendaraan yang cocok untuk berkendara off-road, Anda harus parkir di depan Gereja Kalburlu, yang berjarak beberapa ratus meter sebelum tujuan Anda. Kemudian Anda harus berjalan selama sekitar tujuh menit. Lokasi gereja-gereja ini ditandai secara tidak akurat secara online jadi saya sarankan Anda tetap berpegang pada koordinat yang disediakan dalam artikel.

The entrance to Kalburlu Church. (Photo by Argun Konuk)
Pintu masuk Gereja Kalburlu. (Foto oleh Argun Konuk)

Bagi saya, hal yang paling menarik untuk dilihat di sini adalah tulisan Yunani kuno, yang kemungkinan besar diukir oleh orang Yunani Ottoman pada akhir tahun 1800-an dan awal tahun 1900-an. Saya mengamati dinding gereja dan menemukan banyak tulisan Yunani bertanggal 1848, 1849, 1868, 1894, 1895, dan 1910. Sungguh menakjubkan bisa melihat ukiran di dinding. Itu membuat saya berpikir bahwa bahkan sejak tahun 1900-an, gereja ini pasti telah digunakan secara aktif oleh orang-orang Yunani yang pernah tinggal di daerah tersebut.

Sayangnya, bersama dengan sebagian besar orang Yunani yang tinggal di Anatolia pada saat itu, umat Kristen Ortodoks Yunani di Güzelyurt terjebak dalam pertukaran populasi Turki-Yunani pada tahun 1923 setelah Perang Kemerdekaan Turki. Mereka terutama bermukim kembali di kota Nea Kalvari dekat kota Kavala Yunani utara, mengadopsi nama lama Güzelyurt dalam bahasa Yunani (dikenal sebagai Gelveri oleh penduduk lokal Turki) untuk kampung halaman baru mereka. Orang Turki / Muslim dari Albania dan penduduk Thessaloniki dan Komotini (Gümülcine) dimukimkan kembali di Güzelyurt, tetapi sebagian besar émigré kemudian memilih untuk menetap di tempat lain dan meninggalkan kota, menurut laporan dari penduduk setempat.

Gereja Merah

Terletak di tengah dataran luas 7 kilometer di luar pusat Güzelyurt, Gereja Merah adalah salah satu yang tertua di seluruh Cappadocia. Agaknya, itu dibangun pada abad keenam atas perintah Kaisar Bizantium Justinian I untuk menghormati St. Gregorius dari Nazianzus (330-389 M), yang adalah seorang teolog dan santo Bizantium yang sangat dihormati.

Seharusnya, dia datang ke kota Karvali dari Istanbul pada abad keempat dan menghabiskan hari-hari terakhirnya di sini di rumah seorang pendeta.

Hari ini, Gereja Merah adalah tempat yang sangat rusak. Sayangnya, selama bertahun-tahun, beberapa bagian struktur tidak bertahan lama atau elemen alam yang merusak. Bangunan itu dibangun dengan menggunakan batu-batu merah yang melimpah di daerah itu, begitulah asal namanya. Selain itu, Gereja Merah juga disebut “Gereja Salib” karena ukiran salib yang dapat Anda lihat di setiap pintu dan pintu masuk.

Apa lagi yang bisa dilihat di pusat Güzelyurt?

• Gereja Tinggi
A view of Mount Hasan from the High Church. (Photo by Argun Konuk)
Pemandangan Gunung Hasan dari High Church. (Foto oleh Argun Konuk)

Juga dikenal sebagai Yüksek Kilise di antara penduduk setempat, Gereja Tinggi dibangun di atas batu besar, terletak di dataran yang diapit di antara Gunung Hasan, Monastery Valley, dan Lembah Ihlara.

Meskipun gereja tersebut dibangun pada tahun 1894 di atas reruntuhan gereja lain, temuan yang ditemukan selama penggalian di tempat ini membuktikan bahwa situs spesifik ini telah dihuni sejak Zaman Perunggu. Selain itu, banyak artefak yang berasal dari orang Het dan Romawi kuno ditemukan di daerah tersebut. Akibatnya, kita dapat mengatakan ini adalah salah satu tempat tertua yang terus dihuni di Anatolia.

Ketika kami memasuki gereja, bagi saya, agak mengecewakan melihat bahwa semua lukisan dinding dan lukisan dinding telah hilang, dengan hanya plester yang tersisa di dinding. Setelah meliput gereja, kami menuju ke unit lainnya sebuah perumahan yang berdiri di sebelah kiri gereja. Sel-sel kecil dalam struktur ini digunakan oleh para biarawan sebagai tempat tinggal di zaman kuno.

Mengunjungi Gereja Tinggi tidak dipungut biaya sampai dengan hari ini.

• Kota Bawah Tanah Gaziemir

Terlepas dari kenyataan bahwa itu baru saja ditemukan pada awal tahun 2000-an, Gaziemir Undeground City dengan cepat mengamankan tempatnya sebagai salah satu situs terindah di Cappadocia. Selain sebagai tempat tinggal, bangunan ini juga digunakan sebagai caravanserai bawah tanah, yang membuatnya menonjol di antara kota-kota bawah tanah lainnya di daerah tersebut.

Kota Bawah Tanah Gaziemir terletak 20 kilometer dari pusat Güzelyurt, di desa Gaziemir. Menurut pendapat pribadi saya, ini adalah situs yang harus dilihat.

Saya sangat menyarankan Anda menambahkan Güzelyurt ke rencana perjalanan Anda. Begitu sampai di sana, Anda akan dibuat kagum dengan banyaknya situs bersejarah, keindahan pemukiman, dan betapa sepinya pengunjung kota ini, yang di era COVID-19, membuat semuanya lebih aman.

Dan itu menyimpulkan seri Aksaray kami kali ini. Semoga minggu Anda ceria, dan sampai jumpa di lain waktu.